Review : Nonton Ninja Kamui Episode 9

Table of Contents

1. Persiapan Aliansi Bebek

Mike heran mengapa Emma masih memuja Auza meski sudah tahu kebusukkannya. Meskipun Emma sepakat dengan Mike bahwa Auza sangat jahat karena menciptakan robot ninja sebagai senjata untuk melenyapkan orang-orang yang menghalangi rencana besar Auza, Emma menjelaskan bahwa Auza memiliki teknologi paling mutakhir dan dana penelitian yang besar. Menurut Emma, jika mengesampingkan sisi jahat Auza, ilmu teknologi Auza dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Jason merasa frustasi karena tidak ikut terlibat dalam pembuatan robot Ninja saat bekerja di Auza. Emma kemudian mengumumkan rencananya pada aliansi bebek. Emma dan Higan akan menuju pembangkit Listrik aktif Auza untuk mematikan operasinya dan mencuri pasokan energi yang dibutuhkan. Emma juga memberikan akses penuh komputernya kepada aliansi bebek.

Kesal karena Mike menyebutnya berpacaran dengan Higan, Emma menendang Mike hingga terjatuh kesakitan. Tanpa disadari aliansi bebek, terdapat alat pelacak di belakang truk Emma.

2. Konflik Master Yamaji & Joseph

Joseph mengadakan pertemuan virtual dengan Master Yamaji melalui hologram. Joseph mengeluhkan sikap Big D yang membiarkan Higan kabur setelah menghancurkan reaktor sistem. Yamaji membela tindakan Big D, menyebutnya sebagai langkah yang tepat dalam menghadapi Higan tanpa Gusoku Gear. Yamaji juga menekankan bahwa Big D telah bekerja dengan baik karena telah mendapat data yang diperlukan.

Namun, Joseph menolak pandangan tersebut karena dianggap tidak relevan. Joseph merasa tidak puas dengan kinerja Yamaji sebagai pimpinan Ninja dalam mengurus anggotanya. Joseph pun menagih janji Yamaji untuk mempercepat proses pencapaian tujuan mereka, karena Joseph telah mengalami kerugian akibat kebodohan Big D yang menyebabkan anggota komite penasehatnya berguguran.

Joseph kemudian menegaskan bahwa ia sedang berupaya mengendalikan dunia dan menjadikannya wahana permainan. Joseph mengaku memiliki kendali penuh atas manusia, alam, dan seluruh makhluk hidup. Joseph pun mengancam akan menghabisi Yamaji jika terus menghalangi rencananya. Yamaji membalas dengan mengatakan bahwa tujuan ninja adalah mencari orang paling keji di dunia seperti Joseph lalu menghabisinya. Yamaji juga mengingatkan Joseph agar tidak lupa tujuan yang lebih besar dari tujuan pribadinya.

Merasa kesal telah diancam oleh Yamaji, Joseph bangkit berdiri dan menghampiri Yamaji sambil memelototinya. Joseph mengancam balik bahwa jika rencana berikutnya gagal lagi, maka ia akan merobek perut Big D. Setelah bayangan hologram Joseph lenyap, Yamaji bergumam bahwa Joseph adalah bocah bodoh yang tidak mengerti perbedaan ninja dan samurai.

Yamaji kemudian meneguk tehnya dan memberitahu Zai yang berada di ruangan lain bahwa waktunya semakin dekat. Di ruangan lain, Zai diperlihatkan sedang bermeditasi sambil memegang pedangnya.

3. Panduan Gusoku Gear & Kebersamaan Aliansi

Emma mengajari Higan cara pengoperasian dan perawatan Gusoku Gear. Emma menjelaskan bahwa jalur Izuna adalah jantung dari Gusoku Gear. Emma menganalogikan Izuna seperti hati Wanita yang sangat sensitif dan lemah. Emma menasihati Higan agar tidak mengoperasikan Gusoku Gear seperti mengendarai motor, karena hal itu bisa membuat Izuna kesal. Emma pun menyuruh Higan untuk memperlakukan Izuna seperti Marry agar selalu bisa membahagiakannya. Namun, Emma terkejut saat Higan mengaku lebih sering membuat Marry marah.

Higan kemudian meminta Emma untuk tidak ikut campur dalam masalahnya lagi dan menyuruhnya bersembunyi di tempat aman. Emma heran mengapa om-om selalu berlagak sok keren. Mike kemudian menimpali bahwa rekan itu seperti keluarga yang peduli akan keselamatan anggotanya. Namun, Emma memutuskan untuk tetap mengikuti Higan dan membantu Mike. Emma pun mengakui kemampuan peretasan Jason dan percaya mereka bisa saling bekerja sama, meskipun ia merasa sifat Jason agak aneh.

Setelah itu, Jason membawa makanan dan tidak memperdulikan penilaian Emma tentangnya. Aliansi Bebek terkesan, melihat betapa Jason sangat terampil memasak. Jason menjelaskan bahwa ia sedang mengikuti tradisi sepanjang sejarah gangster, mafia, dan yakuza yang selalu berbagi makanan bersama saat bersekutu. Mike protes karena porsi makanannya sedikit, namun Jason menyebut bahwa Mike tidak banyak membantu. Saat mereka menyantap makan bersama, Emma pun termenung dan mulai memahami arti keluarga yang sering ditekankan oleh Mike dan Marry.

4. Meeting Joseph & Menteri Pertahanan

Joseph dan Menteri Energi bernama Udin mengadakan pertemuan melalui video call di layar proyektor.

Joseph memaparkan bahwa ledakan di Pembangkit Listrik Auza merupakan hasil sabotase oleh individu yang mengetahui aktifitas uji operasional. Joseph pun telah menerjunkan FBI untuk memburu pelaku. Menanggapi usulan Udin untuk mengunjungi lokasi kejadian guna verifikasi, Joseph dengan tegas menolak. Karena Joseph khawatir tertuju pada potensi pencurian teknologi. Di sisi lain, Joseph meyakini bahwa data pengujian yang telah dikirimnya kepada Udin sudah cukup sebagai bukti.

Udin kemudian menuduh Joseph telah memaksa anggota komite penasehat untuk menerima suap dengan cara kekerasan. Udin juga menilai Joseph gagal mengendalikan opini publik terkait rumor buruk yang menerpa Auza. Tak terima disebut pengecut oleh Joseph, Udin menegaskan bahwa anggota komite penasihat telah banyak membantu Joseph mewujudkan impiannya. Joseph naik pitam dan memaki Udin dengan mengatakan bahwa dialah yang mewujudkan impian anggota komite penasihat.

Usai Panggilan video call terputus. Dilly menegur Joseph yang telah kehilangan kesabarannya. Joseph pun mengakui kekurangannya dan mengungkapkan kekesalannya pada komite penasihat serta dirinya sendiri. Kemudian, Joseph meminta Dilly untuk menelepon Big D. Namun, panggilan tersebut ditolak, membuat Joseph semakin kesal. Dilly pun menawarkan diri untuk menjadi pelampiasan amarah Joseph, tetapi Joseph justru meminta pertanggungjawaban dari Dilly sepulang kerja. Alasannya, Joseph sedang ingin jalan-jalan.

5. Big D Merawat Rambut Di Salon

Dayat menanyakan apakah tidak masalah jika Big D menolak panggilan Joseph. Big D, sambil memandangi layar GPS yang menunjukkan lokasi Higan, menjawab bahwa dia sudah mengetahui kemauan bosnya dan apa yang harus dilakukan. Big D kemudian mengungkapkan filosofi hidupnya: "Keeleganan adalah kunci kebahagiaan. Tanpa keeleganan, hidup atau bertarung tidak memiliki arti." Dayat berharap Joseph akan memahami Big D, tetapi Big D yakin itu mustahil.

Setelah itu, Big D sangat puas dengan hasil cukur Dayat. Lalu, Big D menerima telepon dari pihak Auza bahwa perawatan Gusoku Gear miliknya sudah selesai. Big D bersemangat dan bergegas bertugas.

6. Joseph Periksa Gusoku Gear Big D & Progress Gusoku Gear Zai

Joseph menyapa Zai yang sedang berjalan menuju ruangan Gusoku Gear Auza. Joseph berkata kepada Zai bahwa jika ia adalah Yamaji, maka Zai akan diizinkan untuk segera menangani Higan. Zai pun memasuki ruangan dan bertanya mengapa Joseph berkunjung. Peneliti menjelaskan bahwa ini adalah kali pertama Joseph memeriksa status perawatan Gusoku Gear Big D. Zai kemudian menanyakan progress Gusoku Gear miliknya. Peneliti menjawab bahwa Gusoku Gear Zai sudah berjalan 92 persen.

7. Permintaan Mike Pada Higan Untuk Emma

Mike menghampiri Higan. Mereka membahas tentang Emma dan mengaku sama-sama terkejut mengetahui bahwa Emma adalah Kunoichi. Mike pun meminta Higan untuk menjaga Emma, tetapi Higan menyatakan bahwa ia ingin fokus menghancurkan Auza agar para ninja yang berada di bawah kendalinya dapat terbebas dari tugasnya. Higan menugaskan Mike untuk menuntun Emma setelah penghancuran Auza.

8. Emma & Jason Retas Server Auza

Dari dalam mobil, Emma dan Jason berupaya meretas server Auza. Tujuan mereka adalah mengunduh laporan yang tersimpan di server utama, berisi data operasional reaktor. Laporan ini memuat bukti bahwa Auza telah memasok senjata baru untuk mencampuri perselisihan luar negeri, dan juga berisi laporan yang menentang petinggi di Amerika. Jason terkejut mengetahui bahwa server utama Auza menggunakan konstelasi satelit independen, yang merupakan hasil karyanya sendiri dan membuatnya dipecat saat mengembangkan sistem tersebut.

Sambil mengumpat pada Auza, Jason bertekad merebut kembali satelit hasil karyanya. Emma terkejut melihat Jason dipenuhi semangat yang berapi-api, dan menyimpulkan bahwa rasa dendam telah memberi motivasi padanya. Setelah Jason berhasil mendapatkan data semua akun rahasia di jaringan perbankan Auza, Jason semakin giat menggali aib Auza untuk diungkapkan kepada masyarakat. Jason yakin hal ini dapat menyebabkan semua petinggi dan pejabat di Amerika, termasuk presiden, terkena serangan jantung.

9. Kerjasama Apik Emma & Mike Kalahkan Pasukan Tentara

Big D bertamu sendirian ke lokasi aliansi bebek. Big D menyuruh Higan untuk segera mengenakan Gusoku Gear. Lalu, Mike meminta izin untuk meminjam senjata modern yang berada dalam truk Emma, lalu memerintahkan Emma untuk tidak keluar dari mobil. Higan dan Big D bersiap memulai pertarungan. Higan memenggal 2 robot kelabang Big D yang menyerangnya, kemudian Higan menahan serangan 2 robot kelabang dan Big D yang bergabung lalu berubah bentuk menjadi mesin bor raksasa.

Akibat pertarungannya terhenti, Big D merasa kesal karena Joseph telah mengirim pasukan tentara yang mengepung lokasi aliansi bebek. Pasukan tentara kemudian menembakkan senapan ke arah mobil yang ditumpangi Emma dan Jason. Emma dengan sigap mengendalikan tiga robot untuk melindungi mobilnya agar Jason bisa terus melakukan aksi peretasan. Setelah menembakkan rudal ke pasukan tentara, Mike dibuat keteteran menghindari serangan beruntun dari tembakan senapan pasukan tentara.

Emma menyerahkan tugas peretasan sepenuhnya kepada Jason dan memintanya untuk menyalin data Auza ke harddisk. Setelah itu, Emma melempar alat pemadam kebakaran ke arah 3 tentara yang hendak mendekati Mike. Emma kemudian menembak apar, menghasilkan ledakan asap tebal yang menghalangi pandangan para tentara. Dengan sigap, Emma bergerak cepat dan menembaki mereka hingga tewas. Saat dihampiri Emma, Mike menegurnya karena tidak patuh pada perintah. Disisi lain, Jason berhasil menembus server utama Auza.

Mike terjatuh akibat terkena bidikan peluru sniper dari atas bangunan. Emma panik karena khawatir Mike tewas, namun Mike masih selamat berkat rompi anti-peluru yang dipakainya. Mike bahkan menyebut tendangan Emma lebih menyakitkan daripada peluru sniper.  Setelah itu, Mike dan Emma bekerja sama menembaki para tentara. Mike melempar granat ke sembarang arah, lalu Emma menyerang dengan kunai yang membuat granat tersebut meledak, mengenai sniper.

Setelah menembaki banyak tentara, Emma nyaris tewas karena kepalanya ditodong senapan oleh tentara. Untungnya, Mike menembak tentara tersebut tepat waktu dan Emma berhasil selamat.

10. Higan Kalahkan Big D

Pertarungan Higan dan Big D berlanjut.

Higan menangkis setiap tembakan laser dari Big D. Kemudian, Higan menepis serangan 2 Robot Kelabang dari Big D. Higan kemudian mengubah kedua pedang di tangannya, masing-masing memiliki 4 bilah, menyerupai baling-baling kincir angin. Lalu, Big D berhasil menghindari serangan pedang kincir angin pertama yang dilemparkan Higan. Tendangan Big D juga berhasil mementalkan serangan pedang kincir angin kedua Higan, lalu Big D juga menendang Higan sampai terpelanting.

Berikutnya, Big D menendang kepala Higan, dan membuat Higan terhuyung mundur. Higan dengan sigap menghindari tendangan lanjutan dari Big D dan menendang pedangnya yang tergeletak di tanah. Pedang kincir angin berputar di udara, dan Higan menendang pedang tersebut dengan tepat, menusuk tubuh Big D. Helm robot Big D hancur dan Big D muntah darah. Meskipun terluka parah, Big D mengakui rasa puas karena telah bertarung secara elegan dengan Higan pada saat terakhir hidupnya.

11. Akhir Tragis Big D

Emma bergegas menghampiri Big D yang hendak dieksekusi oleh Higan. Emma membantah tuduhan Big D yang menyebutnya telah mengkhianati Auza. Sejak awal, Emma mengaku tidak pernah menganggap dirinya berpihak pada Auza. Big D tersadar bahwa pertemanannya dengan Emma selama ini hanya palsu. Gusoku Gear Big D kemudian memancarkan cahaya, dan Big D menyadari bahwa Joseph telah mengatur sistem peledak otomatis saat Big D kalah.

Demi menghormati kemenangan Higan, Big D mengirim robot kelabang untuk melindungi tubuh Higan. Di sisi lain, Emma menyentuh layar jam tangannya untuk memerintahkan 3 robot untuk menghentikan langkah Mike yang hendak mendekatinya. Gusoku Gear Big D meledak dengan kuat dan memancarkan kobaran api yang besar. Akibatnya, Big D berubah menjadi abu, dan Emma terbaring sekarat di tanah. Higan, Mike, dan Jason yang berhasil selamat bergegas menghampiri Emma.

12. Pemakaman Emma & Tekad Higan

Wajah hologram di wajah Emma perlahan terkikis, menampakkan wajah aslinya. Emma terkejut saat Mike mengaku akan selalu mengenalinya meskipun wajahnya terus berganti. Sebagai penyidik berpengalaman, Mike berjanji akan mengajari Emma caranya.

Jason segera menelepon ambulans, sementara Higan dan Mike meminta Emma dapat bertahan hidup. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Emma menyanyikan lirik "Bitter Sweet" yang pernah dinyanyikan Mike. Di saat yang sama, Emma teringat kebiasaan Mike yang selalu mengamankan bonekanya yang tercecer. Emma melihat dirinya sebagai bocah kecil memeluk boneka, dan dirinya dewasa melihat Mike bernyanyi.

Saat upacara pemakaman Emma, Mike meletakkan boneka kesayangan Emma di atas mayatnya. Kepada Jason dan Higan, Mike menceritakan kenangan masa hidup Emma. Mike mengakui rasa kesalnya mendengar kata-kata terakhir Emma yang berpikir akan mati sendirian. Mike juga merasa bersalah karena tidak sempat memberitahu Emma bahwa saat bersama dengannya, Mike merasakan kehadiran mendiang putrinya. Emma selalu mengingatkan Mike pada anaknya yang telah tiada.

Higan memberitahu Mike bahwa Emma juga pasti sudah menyadari perasaan Mike, sebab Higan tak pernah melihat Ninja tewas dengan wajah sedamai Emma. Lalu, Higan meletakkan api untuk membakar jenazah Emma. Dengan raut wajah beringas, Higan pun bersumpah akan menghancurkan Auza.

13. Kantor Auza

Di kantor Auza, Zai dan Master Yamaji dengan tegang menyaksikan siaran pertarungan Big D dan Higan dari awal hingga akhir. Joseph murka karena Big D telah menggagalkan rencananya untuk meledakkan semua aliansi bebek, sehingga yang tewas hanya Emma. Dilly pun terkejut mengetahui bahwa Joseph adalah dalang di balik rencana peledakkan tersebut. Sementara itu, Zai dengan penuh antusiasme memandangi Gusoku Gear miliknya yang telah selesai dibuat 100%.

Post a Comment